MAKALAH
“RANGKA SEPEDA
MOTOR”
(guna memenuhi tugas akhir semester mata kuliah Teknologi Sepeda Motor)
Disusun oleh :
Tri Martanto 14504241014 A2
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015
Kata Pengantar
Puji
syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya
kami dapat menyelesaikan makalah “Rangka Sepeda Motor” ini
guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Teknologi Sepeda Motor
Tak
lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah yang telah memberikan
bimbingan tentang rangka kendaraan sepeda motor, dan juga kepada rekan-rekan
yang telah memberi dukungan untuk penyusunan makalah ini.
Besar
harapan saya mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan,
khususnya bagi penulis. Apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kalimat
atau bahasa yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Untuk
itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari guna mencapai
penyempuraan laporan penyusun kedepan.
Yogyakarta,
Mei 2015
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR
ISI.................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah............................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah...................................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan...................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN
A. Fungsi
Rangka Sepeda Motor.................................................................. 2
B. Nama
Bagian Rangka................................................................................ 3
C. Jenis-Jenis
Rangka.................................................................................... 4
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................................................. 9
B. Saran............................................................................................................ 9
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan
industry khususnya dunia ototmotif memang sudah sangat maju dan pesat.Berbagai
produk otomotif dihasilkan dengan beraneka ragam jenis dan variasi baik dari
segi mesin,desain,warna,motif dan sebagainya. Salah satunya yaitu pada rangka
kendaraan sepedaa motor.
Rangka
adalah salah satu bagian yang penting pada kendaraan karena rangka ibarat
tulang punggung pada kendaraan sepeda motor. Hampir seluruh bagian-bagian
penting dipasang pada rangka. Rangka harus dibuat dari bahan yang cukup kuat
untuk menahan atau memikul beban kendaraan. Konstruksinya disesuaikan untuk
kebutuhan-kebutuhan dalam kegunaanya. Dan dibuat untuk kenyamanan pengendara.
B. Rumusan
Masalah
Beberapa permasalahan yang diangkat
dalam pembuatan makalah ini yaitu :
1. Apa
fungsi rangka kendaraan sepeda motor?
2. Apa
nama bagian pada rangka sepeda motor?
3. Apa
jenis rangka sepeda motor?
4. Bahan
apa yang digunakan untuk membuat rangka sepeda motor?
C. Tujuan
Penulisan
Tujuan
dari pembuatan makalah ini supaya kami :
1. Dapat mengetahui fungsi rangka pada
sepeda motor
2. Dapat mengetahui jenis rangka pada
sepeda motor
3. Dapat mengetahui nama bagian pada rangka
sepeda motor
4. Dapat mengetahui bahan untuk membuat rangka
sepeda motor
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Fungsi Rangka Sepeda Motor
Rangka pada sepeda motor
berfungsi sebagai wadah penempatan engine, sistem kelistrikan dan
kelengkapan-kelengkapan lainnya serta sekaligus sebagai penyangga penumpang.
Bagian rangka juga mencakup komponen komponen lain yang berhubungan dengan
fungsi keindahan dan kenyamanan berkendara. Rancangan pembuatan sebuah rangka
ditentukan oleh beberapa kepentingan yaitu disesuaikan dengan besar kapasitas
mesin (cc) yang dipasangnya, kemudahan penggunaan dari sepeda motor tersebut,
dan ekonomis dalam perawatan
Agar dapat berfungsi
sebagaimana mestinya rangka harus memenuhi beberapa persyaratan,diantaranya :
1. Kuat,kokoh ; sehingga mampu menopang mesin beserta kelengkapan
kendaraan lainya,menyangga penumpang maupun beban tanpa mengalami
kerusakan/perubahan bentuk.
2. Ringan,sehingga tidak terlalu membebani mesin (meningkatkan
efektivitas tenaga yang dihasilkan mesin).
3. Mempunyai nilai kelenturan/fleksibilitas,yang berfungsi untuk
meredam getaran/goncangan berlebihn yang diakibatkan tenaga yang dihasilkan
mesin maupun akibat kondisi jalan yang buruk.
B. Nama bagian-bagian Rangka
112277
Gambar : 1. Rangka sepeda motor
Keterangan gambar :
1. Sumbu kemudi
2. Pipa rangka alas
3. Rangka pipa punggung
4. DuduKan peredam getaran
5. Pipa rangka tengah
6. Dudukan lengan ayun
7. Pipa rangka bawah
C. Jenis-Jenis Rangka
a) Pressed steel
Rangka ini terbentuk dari pelat
baja yang seluruhnya dipres (lempengan). Umumnya pada jenis ini mempunyai pola
back bone (bentuk tulang punggung). (contoh C70/90, S90, C700/800, Astrea Star).
Gambar : 2. Rangka jenis pressed steel
b)
Pressed
steel & Tubular
Rangka terbentuk dari
kombinasi bahan pelat baja yang dipresss (lempengan),ditambahkan dengan bahan
bentuk pipa.Pada umumnya jenis ini mempunyai bentuk yang disebut “T-Bone”
(Bentuk “Tulang-T”) dengan pola berlian.
(Contoh : CB100,GL100/125,GL Max/Pro)
Gambar 1. Rangka Pelat Baja
& Pipa (Pressed Steel & Tubular)
c) Tubular pola single cradle
Jenis rangka single
cradle memiliki satu buah pipa di bawah (down tube) dan
satu buah pipa utama (main pipe) pada bagian depan mesin. Secara struktur
bagian-bagian dari rangka ini mengusung posisi dudukan mesin. Penggunaan
yang utama jenis rangka ini adalah jenis sepeda motor offroad, jenis
on-road, dan tipe sport dengan cc sedang, Disamping mempunyai
kekuatan prima, jenis rangka ini juga mudah dalam perawatan.
Gambar : 4. Rangka jenis single
cradle
112299
d) Tubular
pola double cradle
Jenis rangka double cradle
hampir sama dengan jenis single cradle. Hanya pada jenis ini memiliki dua buah
pipa bawah (down tube). Hal ini akan manghasilkan kekuatan sistem
rangka. Jenis rangka ini dipakai pada sepeda motor jenis on-road dengan
cc besar. Pada tipe tertentu bagian dari down tube dapat dilepas
pada saat pemasangan dan melepas mesin.
Gambar.5. Rangka jenis double
cradle
e) Rangka jenis aluminium
Rangka jenis aluminium
mempunyai bobot yang ringan dibandingkan dengan rangka dari besi. Penggunaan
pipa segi empat dan empat persegi panjang. Pada jenis ini akan menjadikan
rangka semakin kuat dan tahan terhadap tekanan. Bagian-bagian rangka (sub-frame)
dapat dilepaskan untuk tujuan memudahkan dalam perawatan. Jenis rangka ini
dipakai pada sepeda motor tipe sport.
Gambar : 6. Rangka jenis
alumunium
D. Bahan Pembuatan Rangka Sepeda
Motor
Pada umumnya sebagian besar
jenis rangka menggunakan bahan dari besi dan aluminium. Aluminium akan
menghasilkan bobot yang lebih ringan dari pada besi dalam bentuk yang sama.
Untuk sepeda motor produksi yang sekarang hampir sebagian besar menggunakan
jenis rangka dari bahan pipa bulat dari berbagai jenis ukuran dan ketebalan.
Ada juga beberapa yang menggunakan jenis rangka dari bahan pipa segi empat dan
empat persegi panjang. Rangka dituntut kuat, ringan, indah, dan mudah dalam
perawatan.
Rancangan suatu rangka
dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan,yaitu : disesuaikan dengan besar (CC)
mesin yang akan dipasangkan,penggunaan sepeda motor tersebut,ataupun dirancang
agar mudah dalam perawatannya dan ekonomis.
Bahan yang dipakai untuk
pembuatan rangka juga dipilih sesuai dengan pertimbangan yang sama.Misalnya
rangka dengan bahan alumunium diperuntukkan bagi sepeda motor jenis sport yang
exclusive,sepeda motor untuk penggunaan dijalanan umum,dan sepeda motor dengan
kapasitas mesin CC sedang dan besar.
Pada umumnya beberapa
jenis rangka menggunakan bahan besi dan sebagian lain menggunakan bahan
alumunium campur.Bahan pipa dan pressed steel sangat mudah dibentuk melalui
proses casting dan forging dalam pembuatan rangka.Bahan alumunium campur lebih
ringan daripada besi dalam kondisi yang sama,akan tetapi bahan alumunium harus
cukup besar dalam pembuatannya dan biaya produksinya mahal.
Dalam awal pembuatan
rangka sepeda motor,profil bahan yang banyak dipakai adalah pipa bulat.Untuk
model sepeda motor berikutnya dengan mesin diatas 305 CC,jenis rangkanya dibuat
dari bahan pressed steel.Belakangan ini,produksi motor hamper sebagian besar
menggunakan jenis rangka dari bahan pipa bulat dari berbagai jenis ukuran dan
ketebalan.Ada juga beberapa yang menggunakan jenis rangka dari bahan pipa
segiempat.
Bahan alumunium sangat
umum digunakan pada jenis rangka empat persegi panjang,meskipun ada beberapa
juga yang segi empat.Kemampuan menahan tekanan yang tinggi dari bahan alumunium
empat persegi panjang sangat memenuhi untuk suatu kebutuhan rancangan pembuatan
rangka yang terpadu.
Rangka dari bahan paduan
alumunium dan besi merupakan bagian yang kuat dan tepadu untuk bahan rangka
dari pipa atau untuk pivot dan bahan untuk penghubung. Bahan pipa bulat,juga
mempunyai kekuatan yang sama,sedangkan pipa segi empat dan pipa empat persegi
panjang mempunyai perbedaan kekuatan yang khusus pada bagian-bagian yang
berbeda.Ketika kekuatan maksimum diperlukan pada arah vertical,maka kekuatan
pada arah horizontal tidak begitu penting,karena pipa segi empat panjang dengan
kekuatannya dapat mengatasi hal tersebut.
Terkadang diperlukan
jenis rangka yang ringan,hal ini dapat dilakukan dengan mengubah kombinasi dari
bahan pipa tersebut.Dinding yang tipis dari pipa alumunium empat persegi
panjang dapat diperkuat dengan menambahkan rib pada bagian dalam pipa. Beberapa
model menggunakan beberapa modifikasi dari bahan pipa alumunium empat persegi
panjang ini antara lain : Pentagonal Extrude Alumunium Tubing dan Hexagonal
Extrude Alumunium Tubing,berikut pemsangan rib pada bagian dalamnya dengan
tjuan untuk memperbaiki kekuatan bagian rangka,serta dalam hal perbandingan
beratnya,dalam beberapa hal tertentu akan meningkatkan kekuatan,disamping itu
menjadikan rangka lebih terpadu serta posisi pengendara yang lebih leluasa.
Gambar 4.Profil Ranga
Pipa &Alumunium
Rangka juga berfungsi menyerap bunyi dan getaran yang ditimbulkan
oleh mesin dan permukaan jalan yang tidak rata.Oleh sebab itu posisi penempatan
mesin terhadap rangka merupakan hal yang sangat penting,agar dapat mengatasi
timbulnya suara dan getaran pada saat pengendaraan.dan juga menghindari terjadinya
keretakan awal pada bagian-bagian struktur rangka.
130BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari hasil pembahasan masalah rangka sepeda
motor diatas,penulis dapat menyimpulkan dari makalah yang telah penulis
buat,yaitu rangka merupakan bagian paling penting pada kendaraan sepeda motor
karena hamper seluruh komponen penting pada sepeda motor dipasang pada rangka .
Pembuatan
rangka kendaraan sepeda motor tidak semua sama untuk semua kendaraan sepeda
motor.Setiap kendaraan sepeda motor memiliki bentuk dan bahan rangka yang
berbeda-beda tergantung dari jenis sepeda motor dan penggunaan kendaraan sepeda
motor tersebut.
B.
Saran
Demi kebermanfaatan makalah yang telah
ditulis oleh penulis,penulis tentu saja masih memiliki banyak kesalahan dan
kekurangan sehingga penulis mohon saran yang membangun agar pembuatan makalah
berikutnya dapat lebih baik lagi.
Pustaka
Nugraha,Beni Setya, S.Pd.T.(2005).Chasis Sepeda Motor.Yogya : FT
UNY
Jama,Jalius
,dkk.2008. Teknik sepeda motor jilid 3. Jakarta : Direktorat Jendral Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar