Jumat, 06 November 2015

Makalah Rangka Sepeda Motor

MAKALAH
“RANGKA SEPEDA MOTOR”
(guna memenuhi tugas akhir semester  mata kuliah Teknologi Sepeda Motor)





Disusun oleh :

Tri Martanto 14504241014  A2




PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2015


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah “Rangka Sepeda Motor”  ini guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Teknologi Sepeda Motor
Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah yang telah memberikan bimbingan tentang rangka kendaraan sepeda motor, dan juga kepada rekan-rekan yang telah memberi dukungan untuk penyusunan makalah ini.
Besar harapan saya mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan, khususnya bagi penulis. Apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kalimat atau bahasa yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari guna mencapai penyempuraan laporan penyusun kedepan.

                                                                        Yogyakarta, Mei 2015


           
         Penyusun










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.....................................................................................      i
DAFTAR ISI....................................................................................................      ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah............................................................................      1
B.    Rumusan Masalah......................................................................................      1
C.     Tujuan Penulisan......................................................................................      1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Fungsi Rangka Sepeda Motor..................................................................      2
B.    Nama Bagian Rangka................................................................................      3
C.    Jenis-Jenis Rangka....................................................................................      4
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan..................................................................................................      9
B.     Saran............................................................................................................      9

DAFTAR PUSTAKA


   BAB I
PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang
Perkembangan industry khususnya dunia ototmotif memang sudah sangat maju dan pesat.Berbagai produk otomotif dihasilkan dengan beraneka ragam jenis dan variasi baik dari segi mesin,desain,warna,motif dan sebagainya. Salah satunya yaitu pada rangka kendaraan sepedaa motor.
Rangka adalah salah satu bagian yang penting pada kendaraan karena rangka ibarat tulang punggung pada kendaraan sepeda motor. Hampir seluruh bagian-bagian penting dipasang pada rangka. Rangka harus dibuat dari bahan yang cukup kuat untuk menahan atau memikul beban kendaraan. Konstruksinya disesuaikan untuk kebutuhan-kebutuhan dalam kegunaanya. Dan dibuat untuk kenyamanan pengendara.
B.        Rumusan Masalah
            Beberapa permasalahan yang diangkat dalam pembuatan makalah ini yaitu :
1.    Apa fungsi rangka kendaraan sepeda motor?
2.    Apa nama bagian pada rangka sepeda motor?
3.    Apa jenis  rangka sepeda motor?
4.    Bahan apa yang digunakan untuk membuat rangka sepeda motor?
C.       Tujuan Penulisan
Tujuan dari pembuatan makalah ini supaya kami :
1.    Dapat mengetahui fungsi rangka pada sepeda motor
2.    Dapat mengetahui jenis rangka pada sepeda motor
3.  Dapat mengetahui nama bagian pada rangka sepeda motor
4.  Dapat mengetahui bahan untuk membuat rangka sepeda motor

BAB II
PEMBAHASAN

A. Fungsi Rangka Sepeda Motor
Rangka pada sepeda motor berfungsi sebagai wadah penempatan engine, sistem kelistrikan dan kelengkapan-kelengkapan lainnya serta sekaligus sebagai penyangga penumpang. Bagian rangka juga mencakup komponen komponen lain yang berhubungan dengan fungsi keindahan dan kenyamanan berkendara. Rancangan pembuatan sebuah rangka ditentukan oleh beberapa kepentingan yaitu disesuaikan dengan besar kapasitas mesin (cc) yang dipasangnya, kemudahan penggunaan dari sepeda motor tersebut, dan ekonomis dalam perawatan
Agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya rangka harus memenuhi beberapa persyaratan,diantaranya :
1.     Kuat,kokoh ; sehingga mampu menopang mesin beserta kelengkapan kendaraan lainya,menyangga penumpang maupun beban tanpa mengalami kerusakan/perubahan bentuk.
2.     Ringan,sehingga tidak terlalu membebani mesin (meningkatkan efektivitas tenaga yang dihasilkan mesin).
3.     Mempunyai nilai kelenturan/fleksibilitas,yang berfungsi untuk meredam getaran/goncangan berlebihn yang diakibatkan tenaga yang dihasilkan mesin maupun akibat kondisi jalan yang buruk.






B. Nama bagian-bagian Rangka

112277
Gambar : 1. Rangka sepeda motor

Keterangan gambar :
1. Sumbu kemudi
2. Pipa rangka alas
3. Rangka pipa punggung
4. DuduKan peredam getaran
5. Pipa rangka tengah
6. Dudukan lengan ayun
7. Pipa rangka bawah

C. Jenis-Jenis Rangka
a)    Pressed steel
Rangka ini terbentuk dari pelat baja yang seluruhnya dipres (lempengan). Umumnya pada jenis ini mempunyai pola back bone (bentuk tulang punggung). (contoh C70/90, S90, C700/800, Astrea Star).
                  
                          Gambar : 2. Rangka jenis pressed steel
b)     Pressed steel & Tubular
Rangka terbentuk dari kombinasi bahan pelat baja yang dipresss (lempengan),ditambahkan dengan bahan bentuk pipa.Pada umumnya jenis ini mempunyai bentuk yang disebut “T-Bone” (Bentuk “Tulang-T”) dengan pola berlian.  (Contoh : CB100,GL100/125,GL Max/Pro)
                                
Gambar 1. Rangka Pelat Baja & Pipa (Pressed Steel & Tubular)
c)  Tubular pola single cradle
Jenis rangka single cradle memiliki satu buah pipa di bawah (down tube) dan satu buah pipa utama (main pipe) pada bagian depan mesin. Secara struktur bagian-bagian dari rangka ini mengusung posisi dudukan mesin. Penggunaan yang utama jenis rangka ini adalah jenis sepeda motor offroad, jenis on-road, dan tipe sport dengan cc sedang, Disamping mempunyai kekuatan prima, jenis rangka ini juga mudah dalam perawatan.
Gambar : 4. Rangka jenis single cradle
112299
d) Tubular pola double cradle
Jenis rangka double cradle hampir sama dengan jenis single cradle. Hanya pada jenis ini memiliki dua buah pipa bawah (down tube). Hal ini akan manghasilkan kekuatan sistem rangka. Jenis rangka ini dipakai pada sepeda motor jenis on-road dengan cc besar. Pada tipe tertentu bagian dari down tube dapat dilepas pada saat pemasangan dan melepas mesin.
Gambar.5. Rangka jenis double cradle


e)  Rangka jenis aluminium
Rangka jenis aluminium mempunyai bobot yang ringan dibandingkan dengan rangka dari besi. Penggunaan pipa segi empat dan empat persegi panjang. Pada jenis ini akan menjadikan rangka semakin kuat dan tahan terhadap tekanan. Bagian-bagian rangka (sub-frame) dapat dilepaskan untuk tujuan memudahkan dalam perawatan. Jenis rangka ini dipakai pada sepeda motor tipe sport.
Gambar : 6. Rangka jenis alumunium
D. Bahan Pembuatan Rangka Sepeda Motor
Pada umumnya sebagian besar jenis rangka menggunakan bahan dari besi dan aluminium. Aluminium akan menghasilkan bobot yang lebih ringan dari pada besi dalam bentuk yang sama. Untuk sepeda motor produksi yang sekarang hampir sebagian besar menggunakan jenis rangka dari bahan pipa bulat dari berbagai jenis ukuran dan ketebalan. Ada juga beberapa yang menggunakan jenis rangka dari bahan pipa segi empat dan empat persegi panjang. Rangka dituntut kuat, ringan, indah, dan mudah dalam perawatan.
Rancangan suatu rangka dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan,yaitu : disesuaikan dengan besar (CC) mesin yang akan dipasangkan,penggunaan sepeda motor tersebut,ataupun dirancang agar mudah dalam perawatannya dan ekonomis.
Bahan yang dipakai untuk pembuatan rangka juga dipilih sesuai dengan pertimbangan yang sama.Misalnya rangka dengan bahan alumunium diperuntukkan bagi sepeda motor jenis sport yang exclusive,sepeda motor untuk penggunaan dijalanan umum,dan sepeda motor dengan kapasitas mesin CC sedang dan besar.
Pada umumnya beberapa jenis rangka menggunakan bahan besi dan sebagian lain menggunakan bahan alumunium campur.Bahan pipa dan pressed steel sangat mudah dibentuk melalui proses casting dan forging dalam pembuatan rangka.Bahan alumunium campur lebih ringan daripada besi dalam kondisi yang sama,akan tetapi bahan alumunium harus cukup besar dalam pembuatannya dan biaya produksinya mahal.
Dalam awal pembuatan rangka sepeda motor,profil bahan yang banyak dipakai adalah pipa bulat.Untuk model sepeda motor berikutnya dengan mesin diatas 305 CC,jenis rangkanya dibuat dari bahan pressed steel.Belakangan ini,produksi motor hamper sebagian besar menggunakan jenis rangka dari bahan pipa bulat dari berbagai jenis ukuran dan ketebalan.Ada juga beberapa yang menggunakan jenis rangka dari bahan pipa segiempat.
Bahan alumunium sangat umum digunakan pada jenis rangka empat persegi panjang,meskipun ada beberapa juga yang segi empat.Kemampuan menahan tekanan yang tinggi dari bahan alumunium empat persegi panjang sangat memenuhi untuk suatu kebutuhan rancangan pembuatan rangka yang terpadu.
Rangka dari bahan paduan alumunium dan besi merupakan bagian yang kuat dan tepadu untuk bahan rangka dari pipa atau untuk pivot dan bahan untuk penghubung. Bahan pipa bulat,juga mempunyai kekuatan yang sama,sedangkan pipa segi empat dan pipa empat persegi panjang mempunyai perbedaan kekuatan yang khusus pada bagian-bagian yang berbeda.Ketika kekuatan maksimum diperlukan pada arah vertical,maka kekuatan pada arah horizontal tidak begitu penting,karena pipa segi empat panjang dengan kekuatannya dapat mengatasi hal tersebut.
Terkadang diperlukan jenis rangka yang ringan,hal ini dapat dilakukan dengan mengubah kombinasi dari bahan pipa tersebut.Dinding yang tipis dari pipa alumunium empat persegi panjang dapat diperkuat dengan menambahkan rib pada bagian dalam pipa. Beberapa model menggunakan beberapa modifikasi dari bahan pipa alumunium empat persegi panjang ini antara lain : Pentagonal Extrude Alumunium Tubing dan Hexagonal Extrude Alumunium Tubing,berikut pemsangan rib pada bagian dalamnya dengan tjuan untuk memperbaiki kekuatan bagian rangka,serta dalam hal perbandingan beratnya,dalam beberapa hal tertentu akan meningkatkan kekuatan,disamping itu menjadikan rangka lebih terpadu serta posisi pengendara yang lebih leluasa.
Gambar 4.Profil Ranga Pipa &Alumunium
Rangka juga berfungsi menyerap bunyi dan getaran yang ditimbulkan oleh mesin dan permukaan jalan yang tidak rata.Oleh sebab itu posisi penempatan mesin terhadap rangka merupakan hal yang sangat penting,agar dapat mengatasi timbulnya suara dan getaran pada saat pengendaraan.dan juga menghindari terjadinya keretakan awal pada bagian-bagian struktur rangka.






130BAB III
       PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari hasil pembahasan masalah rangka sepeda motor diatas,penulis dapat menyimpulkan dari makalah yang telah penulis buat,yaitu rangka merupakan bagian paling penting pada kendaraan sepeda motor karena hamper seluruh komponen penting pada sepeda motor dipasang pada rangka .
            Pembuatan rangka kendaraan sepeda motor tidak semua sama untuk semua kendaraan sepeda motor.Setiap kendaraan sepeda motor memiliki bentuk dan bahan rangka yang berbeda-beda tergantung dari jenis sepeda motor dan penggunaan kendaraan sepeda motor tersebut.
B.   Saran
Demi kebermanfaatan makalah yang telah ditulis oleh penulis,penulis tentu saja masih memiliki banyak kesalahan dan kekurangan sehingga penulis mohon saran yang membangun agar pembuatan makalah berikutnya dapat lebih baik lagi.











Pustaka
Nugraha,Beni Setya, S.Pd.T.(2005).Chasis Sepeda Motor.Yogya : FT UNY
Jama,Jalius ,dkk.2008. Teknik sepeda motor jilid 3. Jakarta : Direktorat Jendral Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar